telaga biru semin

Jangan Jauh-Jauh Ke Luar Negeri, Dalam Negeri Pun Ada Wisata Unik dan Menarik

Posted on

Travelers tentu tahu kan alangkah indahnya alam yang ada di Gunung Kidul, dengan jejeran pantai perawannya yang eksotis? Tampaknya wilayah yang terbilang jadi bagian Yogyakarta ini tidak kehabisan pesonanya. Sekarang, muncul lagi tempat wisata baru di sana, ialah Telaga Biru Semin. Tempat ini lagi populer di kalangan anak muda Yogyakarta, sebab panorama alamnya yang sangat indah. Gunung kapur berdiri megah, menjadi latar belakang dari telaga yang airnya memiliki warna hijau kebiruan. Saat musim hujan, empat telaganya terisi penuh, membentuk pemandangan lebih indah lagi.

Kalau kamu gemar hunting foto, Telaga Biru bisa sebagai spot yang ideal buat para fotografer. Kamu bisa mendapatkan foto setaraf kartu pos disini! Demi mendapatkan view yang keren di Telaga Biru Semin, kamu boleh datang saat pagi hari ataupun sore hari sembari melihat sunset dari puncak bukit kapur.

Telaga Biru Semin sebenarnya bekas lokasi penambangan batu kapur yang lalu membentuk lubang-lubang raksasa yang diisi air. Karena tempat ini adalah penambangan kapur, lalu air hujan yang tertampung juga berubah warna jadi hijau sedikit biru. Ada 4 kolam disini, yang umumnya digunakan jadi tempat berenang oleh anak-anak desa setempat. Ya! Kamu bisa renang di Telaga Biru. Kedalaman airnya mencapai angka 5-8  meter, tetapi kalau tak bisa berenang, tak usah khawatir sebab sudah tersedia fasilitas penyewaan ban pelampung disini. Tiba sekarang aktivitas penambangan kapur masih tetap ada di kawasan ini, tapi gak terlalu seramai sebelumnya.

Telaga Biru ada di ujung dari kawasan Gunung Kidul, tepatnya bagian utara perbatasan Kabupaten Gunung Kidul – Jawa Tengah. Jaraknya kurang lebih 25 kilometer dari jantung kota Wonosari, lebih pastinya di Dusun Ngentak, Semin, Gunung Kidul. Jika kamu dari arah Wonosari, Telaga Biru dapat ditempuh kira-kira 36 menit saja dengan naik sepeda motor. Kalau mobil lebih cepat lagi dong pastinya hehe. Jaraknya dari Jogja terbilang cukup jauh, tetapi tenang saja, akses jalannya lumayan mudah. Rute ke Telaga Biru Semin, Gunung Kidul dari Kota Jogja diawali dari sisi utara, yaitu Jalan Solo. Tiba di wilayah Prambanan, kamu dapat ambil jalan Cawas sehabis itu kamu bakal ketemu dengan pertigaan, kemudian belok kiri ke Sukoharjo. Setibanya di tugu perbatasan Sukoharjo serta Gunung Kidul, ada jl. cor blok ganda. Ikuti jalan tersebut hingga masuk ke wilayah perbukitan kapur, hingga akhirnya sampai di Telaga Biru. Agar dapat menjelajahi wilayah Gunung Kidul lebih baik lagi, sebaiknya kamu sewa mobil berikut supir yang jelasnya mengerti jalanan. Sampai sekarang ini masuk ke Telaga Biru Semin terbilang gratis. Cuma membayar ongkos parkir saja. Namun kalau kamu mau sewa ban pelampung, terkena biaya lagi yaitu Rp 10.000 per ban.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *