Ruud Gullit? Sudah Tahu Pastinya Ya? Kalau Belum Simak Info Bola Ini Brow!

Posted on

Ruud Gullit (1 September 1962, Amsterdam, Belanda) merupakan seorang pemain sepakbola Belanda. Dia bersama Marco van Basten serta Frank Rijkaard adalah bagian dari tim nasional sepakbola Belanda yang memenangi Piala Eropa pada tahun 1988 dan menjadi pemain hebat kala itu.

Kehidupan Awal Ruud Gullit

Kabar dari web bola ini menerangkan Gullit lahir dari seorang migran Suriname yang sampai di Belanda, Herman Rijkaard, dan Ria Dil, sebagai buitenvrouw, dari distrik Jordaan Amsterdam. Gullit menumbuhkan keterampilan sepakbola di batas-batas Rozendwarsstraat, dan sepakbola jalanan berperan penting didalam tahun-tahun formatif. Tim perdana Gullit ialah Meerboys, dimana ia joint sebagai junior pada era 1970. Pada umur 10, bagaimanapun, Gullit move dari Jordaan menuju Amsterdam Old West dimana ia main sepakbola jalanan bersama Frank Rijkaard, sahabatnya.

Karir Sepakbola Ruud Gullit

  1. HFC Haarlem menandatangi kedatangan Gullit pada tahun 1978 untuk karir senior pertamanya dibawah kepelathian dan eks pemain dari West Bromwich Albion, yaitu Barry Hughes. Gullit mencetak 91 penampilan liga buat Haarlem, membukukan 32 gol. Ia melakukan debut tuk klub saat usia 16 tahun, jadi pada saat itu pemain termuda didalam sejarah Eredivisie ialah Ruud Gullit.
  2. PSV kedatangan Gullit pada tahun 1985 dan 1,2 juta gulden adalah harga membayar keringat Gullit dan kemudian ia mencetak 46 gol pada 68 penampilan liga kepada tim. Gullit adalah pemain terbaik tahun 1986 saat dirinya menolong PSV mengambil piala mahkota Eredivisie, sebuah prestasi itu mereka mengulang lagi tahun selanjutnya.
  3. Milan kedatangan Gullit karena Silvio Berlusconi menandatangani kontraknya tahun 1987, membayarnya langsung dengan mahal menjadi rekor transfer senilai 18 juta gulden sebagai pengganti dari pemain Ray Wilkins. Pada tahun 1990-1991, mengejar Milan dari secara beruntun Piala Eropa ke-3 dipotong oleh Marseille di tahap perempat final. Usai ditarik putaran pertama di San Siro, Milan membuntut gol Chris Waddle atas sedikit waktu yang tersisa saat lampu sorot keluar. Usai penundaan singkat pencahayaan lalu dipulihkan, namun Milan sudah kembali ke ruang ganti lalu menolak tuk kembali guna menyelesaikan permainan. UEFA memberikan Marseille kemenangan dengan agregat 3-0 dan Milan diusir dari seluruh kompetisi Eropa tuk musim selanjutnya.
  4. Chelsea menandatangi Gullit bulan Juli 1995 dengan status bebas transfer. Sebelumnya bermain menjadi sweeper oleh manager Glenn Hoddle dengan kemenangan yang terbatas, Gullit dialihkan ke peran yang terlebih akrab di posisi sentral, dimana ia membuat 6 gol. Penandatanganan Gullit, dengan orang-orang semacam Mark Hughes dan Dan Petrescu, menyokong Chelsea menuju semi-final Piala FA, tapi rupa liga mereka mengecewakan.

Karir Manajer Ruud Gullit

Musim panas 1996, saat Glenn Hoddle hengkang dari Chelsea tuk jadi manajer timnas Inggris, Gullit diangkat sebagai pemain dan menjadi manajer Glen Hoddle, sebagai pelatih asal Belanda perdana tuk mengelola Liga Premier England. 18 Januari 2011, Rusia Premier League Terek Grozny meinformasikan bahwa Gullit sudah setuju tuk menandatangani setengah tahun kontrak dan sebagai pelatih kepala tuk bagian Chechnya. Pasca penandatanganan, Gullit kepada Sovetsky Sport, “Saya mau percaya bahwa saya dapat membawa sukacita kedalam kehidupan orang-orang Chechnya lewat sepakbola… Jelas saja, saya takkan menyangkal bila saya meraih banyak uang dari Terek sendiri”. Gullit dipecat oleh klub saat 14 Juni 2011 yang cuma memenangkan 3 pertandingan sebagai manajer klub. Klub ini pun mengatakan Gullit mempunyai “gaya hidup pesta” yang sering menghanburkan uang.

Prestasi Individual Ruud Gullit

  • Dutch Footballer of the Year: 1984 and 1986
  • Dutch Golden Shoe: 1986
  • Ballon d’Or: 1987
  • Dutch Sportsman of the Year: 1987
  • A.C. Milan Hall of Fame
  • World Soccer: The 100 Greatest Footballers All Time
  • FAI International Football Awards-International Personality: 2008

simak artikel lainnya disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *